Selasa, 21 Juni 2016

Resep Kue Kering Coklat


Bahan-bahan :

  • 150 grm mentega margarin yang masih baru
  • 100 grm gula parir yang berbentuk tepung atau telah dihaluskan. Sebaiknya menghaluskannya menggunakan alat agar lebih lembut.
  • 1 btr telur ayam utuh, yakni putihnya dan kuningnya digunakan bersamaan.
  • 1 btr telur, kuningnya saja, sedang putihnya tidak dimasukkan.
  • 225 grm tepung terigu yang kandungan proteinnya sedang.
  • 25 grm coklat berbentuk bubuk
  • 30 grm tepung maizena. Umumnya ini dijual dalam bentuk kemasan dan hampir semua brand cocok digunakan, jadi silahkan gunakan yang mana saja.
  • 1/2 sdt baking powder. In fungsinya agar kue kering terasa lebih garing saat digigit.
  • 50 grm rice crispy
  • 100 grm coklat masak putih, agar memberi tampilan lebih berwarna maka cukup dengan dicincang kasar.

Cara membuat:

  1. Awalnya mulai dengan mengocok bahan margarin bersama gula pasir bubuknya kurang lebih 40 detik.
  2. Selanjutnya, tambahkan telur ke dalamnya, baik yang menggunakan putih telur maupun yang hanya kuningnya saja. Lalu kocok hingga rata lagi.
  3. Berikutnya masukkan tepung terigu dan juga coklat bubuk sesuai takaran yang disebutkan di atas, tambahkan lagi tepung maizena, dan juga baking powder tapi sambil diayak guna menghindari kotoran kasar yang masih bercampur dengan tepungnya, dan tinggal diaduk hingga rata dan semua bahan tercampur sempurna.
  4. Lalu masukkan coklat masak putih dan juga rice crispy yang telah disediakan. Aduk sampai rata lagi.
  5. Nah, jika telah terlihat kalis dan adonan kue keringnya tampak sudah menyatu semua dan tak ada lagi yang menempel di sisi baskom atau wadah pengadukannya, maka tinggal dibentuk saja dan letakkan di atas loyang.
  6. Panggang dalam oven selama 30 menit lamanya dengan suhu kurang lebih 150 derajat Celsius, tapi bila tidak menggunakan oven listrik, melainkan dengan kompor minyak maka sebaiknya gunakan api sedang saja dan lapisan oven bawahnya dikosongkan saja agar tidak mudah gosong.
Tips untuk menghasilkan kue kering yang enak dan garing
  • Agar kue kering yang telah matang tidak lengket di loyang maka sebaiknya diolesi margarin atau mentega terlebih dahulu secara merata.
  • Agar masaknya rata dan tidak ada yang gosong maka caranya dengan menukar posisi kue yang sudah terlihat hampir matang dengan yang masih tampak putih belum kecoklatan.
  • Untuk menghindari memasukkan telur rusak dalam adonan kue lebaran anda maka caranya dengan menaruh ke dalam mangkuk terlebih dahulu baru kemudian mencampurnya.
  • Dalam resep kue kering ini sangat disarankan untuk menghindari menyimpan kue dalam toples tertutup sedang kondisinya masih panas. Caranya, setelah matang letakkan terlebih dahulu di atas nampan yang telah dialasi dengan kertas, dan setelah dirasa dingin betul barulah dimasukkan dan ditutup rapat.

3.  Cara Membuat Kue Lebaran Rasa Kacang

Bahan-bahan:

  • 185 grm mentega margarin
  • 150 gram gula merah palem. Bentuknya seperti gula pasir tapi agak kasar dan berwarna merah. Ini adalah jenis gula merah tapi dibuat dalam bentuk bubuk.
  • 1/4 sdt garam dapur
  • 1 sdt kayu manis bubuk atau bisa juga beli yang dalam bentuk batangan kemudian ditumbuk dan diayak sendiri.
  • 1 btr telur, kuningnya saja
  • 135 grm tepung terigu yang kandungan proteinnya sedang
  • 50 grm corn flakes yang dicincang agak kasar.
  • 15 grm susu yang dalam bentuk bubuk
  • 75 grm kacang tanah kupas kemudian dicincang atau digiling hingga kasar lalu disangrai. Jika ingin lebih mudah caranya sangrai terlebih dahulu kemudian giling menggunakan botol bekas, maka secara otomatis kulitnya akan mudah terlepas.

Cara membuat:

  1. Pertama-tama kocok dahulu margarinnya, bersama dengan gula palem, dan juga garam kurang lebih 2 menit lamanya.
  2. Selanjutnya, masukkan kuning telur lalu kocok hingga rata.
  3. Langkah berikutnya adalah dengan menambahkan tepung terigu, dan juga susu bubuk serta kayu manis bubuk sambil terus diayak agar tak ada kotoran yang masuk dan diaduk lagi hingga rata.
  4. Masukkan kacang tanah sebagai bahan tambahan utamanya dan juga corn flakes. Untuk hasil yang lebih baik maka aduk lagi sampai rata dan semua bahan kacang bercampur dengan adonan kue keringnya.
  5. Terakhir tinggal bentuk kuenya sesuai selera, bisa dengan terlebih dahulu dipipihkan kemudian dicetak dengan beragam bentuk atau bisa juga dengan langsung disendokkan di atas loyang yang kemudian diratakan menggunakan garpu agar terlihat tekstur unik di atasnya.
  6. Panggang menggunakan oven dengan suhu api kira-kira 150 derajat dengan durasi selama 15 menit hingga terlihat matang dan berwarna kecokelatan.

Tips Membuat Kue Kacang

  1. Penting sekali soal loyang digunakan, pastikan telah diolesi dengan margarin agar tidak lengket dan juga mempengaruhi rasa kuenya karena margarin yang meleleh di bawahnya akan menambah rasa asin yang lembut dan berbaur dengan manisnya kue kering kacang yang dimakan.
  2. Oleskan kocokan kuning telur di atasnya nanti pada saat kue telah setengah matang agar tak meluber dan mudah langsung mengeras.
  3. Pilihlah jenis kacang tanah yang agak besar dan sudah diseleksi karena yang kecil umumnya kurang baik jika digiling sedang yang masih belum disortir biasanya terdapat yang berwarna hitam dan pahit jika dikomsumsi yang tentunya mempengaruhi rasa dari butter cookies yang kita makan.
  4. Jangan menutup dalam toples kue yang baru saja matang dan masih panas, diamkan beberapa menit hingga dingin betul agar rasa krispinya tetap terjaga.
  5. Usahakan saat menyangrai kacang tanah masaknya pas dan tidak sampai gosong karena rasanya akan agak pahit jika kurang tepat. Dalam hal ini, setelah api pada kompor harus betul diperhatikan, usahakan jangan terlalu besar apinya dan juga harus selalu diaduk agar semua sisi dari kacangnya masak sempurna.
  6. Untuk penyajian dan agar menghindari kue rusak atau istilah jawa-nya ‘melempem’ jika dibuka terlalu lama, maka baiknya gunakan toples yang agak kecil saja saat disajikan pada tamu. Ini karena umumnya tuan rumah malu menutup toples yang terbuka saat tamu masih ada, padahal jika dibiarkan kuenya tidak akan krispi lagi dan tidak enak dimakan.
  7. Sebagai variasi anda bisa memadukan penggunaan kacang dengan bahan lain seperti kacang + coklat, karamel, selai maupun kacang ijo.
  8. Mengenai bentuknya bisa dengan berbagai kreasi, seperti bulan sabit, bintang, gulungan, love, bulat, mete, dan lainnya.
  9. Selain kue kering berwarna putih kekuningan atau klasik yang bisa ditambahkan kacang giling, kue kering coklat juga bisa dicampurkan langsung dengan kacang dan mungkin akan jauh lebih digemari karena memadukan dua bahan yang banyak disukai.
Kue Lebaran Lidah Kucing :


Bahan-bahan :
  • 200 grm mentega margarin
  • 160 grm tepung terigu yang jenis protein rendah
  • 100 gram gula pasir yang telah dihaluskan
  • 10 gram susu dalam bentuk bubuk
  • 50 gram gula pasir halus yang telah di ayak (untuk campuran kedua)
  • 5 butir putih telur

Cara Membuat Kue Lidah Kucing :

  1. Pertama-tama sediakan dulu wadah seperti mangkuk atau baskom kecil, kemudian kocok margarin hingga terlihat lembut betul. Kemudian tambahkan tepung gula (gula pasir halus). Lanjutkan lagi dengan mengocok adonan hingga semakin lembut kurang lebih 10 menit lamanya.
  2. Jika hasilnya sudah sesuai dengan yang diinginkan selanjutnya masukkan tepung, dan juga susu bubuk sambil terus diayak dan juga diaduk rata. Jika sudah beres sisihkan agar tidak tumpah.
  3. Tahap selanjutnya dalam pembuatan kue lidah kucing ini adalah dengan mengocok putih telur hingga terlihat setengah mengembang. Lalu masukkan lagi tepung gula kedua yang disebutkan di atas, tapi secara sedikit demi sedikit agar tidak menggumpal sambil terus dilakukan pengocokan hingga terlihat mengembang.
  4. Ambil atau tuangkan putih telur ke dalam adonan tepung secara sedikit demi sedikit sambil terus diaduk.
  5. Selanjutnya untuk tahap akhirnya tak perlu dibentuk dengan cetakan cukup masukkan dalam kantong segitiga khusus yang biasa dipakai untuk kue tart. Kemudian tinggal semprotkan dalam loyang lidah kucing yang telah dioles margarin, tapi kali ini olesannya agak tebal.
  6. Masukkan dalam oven selama 15 menit dengan suhu kurang lebih 140 derajat. Perhatikan jika kue sudah tampak agak kecoklatan maka itu artinya sudah matang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar