Selasa, 21 Juni 2016

Cara Membuat Donat Kentang


Bahan kue:

  • 100 gr kentang segar, rebus lalu kupas kulitnya dan haluskan
  • 200 gr tepung terigu (pilih yang masih baru dan segar)
  • 50 gr gula pasir putih
  • 40 gr margarin kemasan
  • 15 gr susu bubuk (merek apa saja)
  • 1/2 sendok teh baking powder
  • 1/2 bungkus ragi instant (atau sekitar 5 gram)
  • 4 btr kuning telur
  • 1/4 sendok teh garam dapur
  • 100 ml air es

Untuk Topping Cokelat:

  • 250 gr cokelat masak (bisa dari coklat batangan yang dilelehkan))
  • 100 gr margarin kemasan
  • Meises coklat secukupnya

Proses Cara Membuat Donat yang Enak dan Lembut:

  1. Pertama kali yang harus dilakukan oleh ibu di rumah adalah dengan mencampur bahan seperti tepung terigu, ragi, gula, baking powder dan juga susu bubuk sesui takaran yang disebut di atas. Kemudian aduklah hingga betul-betul rata.
  2. Jika sudah terllihat rata, barulah tambahkan telur dan juga kentang serta air es sedikit-sedikit. Nah, jika semua sudah tercampur barulah masuk ke tahap menguleni adonan hingga didapatkan hasil yang betul-betul kalis.
  3. Setelah dirasa agak kalis, masukkan lagi garam dan juga margarin, dan lanjutkan dengan uleni kembali hingga betul kalis dan terasa elastis jika ditarik.
  4. Apabila proses pengolahan sudah selesai selanjutnya tinggal tutup adonan dengan serbet bersih atau plastik dengan rapat selama kurang lebih 15 menit atau hingga mengembang.
  5. Jika adonan sudah terlihat mengembang sempurnya, maka langkah berikutnya adalah dengan dikempeskan kembali untuk selanjutnya dipotong rata kurang lebih sebesar bulatan telur (dibentuk bulat dan agak dipipihkan) atau jika ingin menggunakan timbangan kira2 seberat 30 gr. Nah, tinggal diamkan dan tunggu kurang lebih selama 10 menit saja.
  6. Jika adonan resep donat kentang sudah mengembang lagi tinggal buat lubang di tengahnya.
  7. Tinggal tata semua adonan yang sudah dibentuk di atas loyang yang sudah diolesi tipis dengan tepung. Tunggu hingga 1 jam.
  8. Terakhir, panaskan minyak dengan api sedang, kalau perlu buat agak kecil lagi apinya biar matangnya rata. Jika sudah terlihat kuning keemasan tinggal angkat dan siap diberi topping.

Cara Bikin Topping Coklat:

  1. Tim mentega bersama cokelat hingga leleh.
  2. Celupkan satu bagian dari donat kentang dalam lelehan cokelat (caranya pegang sala satu sisinya menghadap ke bawah). Balik dan taburi dengan meises.
  3. Diamkan beberapa menit saja hingga coklat yang leleh di atasnya dingin dan beku.
  4. Teded….panggil semua teman dan nikmati donat buatanmu bersama-sama.

Tips rahasia:

  1. Lelehkan coklat untuk topping donatnya dengan cara menggunakan mangkuk keramik yang diletakkan di atas pemukaan air mendidih yang sedang dimasak. Ini bertujuan untuk menghindari coklat terasa pahit.
  2. Gunakan terigu yang masa kadaluarsanya masih lama, palaing bagus kalau tidak kurang dari setahun lagi masa expired-nya.
  3. Selain direbus, kentang juga bisa dimatangkan dengan cara digoreng terlebih dahulu hingga matang sempurna menggunakan api sedang, baru setelah itu dihaluskan dengan cara ditumbuk.
  4. Penggunaan air dingin di sini adalah agar hasil akhir dari donatnya dapat terlihat agak merekah saat digoreng, karena nantinya unsur dingin yang bertemu dengan panasnya minyak akan mempengaruhi tekstur yang ada dalam adonan.
  5. Saat menggoreng, agar matangnya sempurna, maka bolak balik donat tanpa harus menunggu matang sempurna salah satu sisinya, ini karena setelah dibalik bagian atasnya masih mengalami proses pematangan dan perubahan warna secara perlahan.
  6. Cara Membuat Lubang Donat Bolong Sempurna (silahkan baca)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar